Budi Gunadi Sadikin Berpeluang Gantikan Menkes Terawan, Siapa Dia?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan merombak atau mereshuffle jajaran kabinet Indonesia Maju. Rencana Perombakan itu semakin ramai diperbincangkan.

Salah satu nama yang bakal mengisi kursi menteri Jokowi adalah Budi Gunadi Sadikin. Ia disebut akan menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan (Menkes). Budi adalah sosok yang dikenal ikut andil dalam proses berburu vaksin Covid-19 untuk Indonesia.

Saat ini, Budi merupakan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mendampingi Menteri Erick Thohir mengembangkan ratusan perusahaan pelat merah. Pria kelahiran 8 Juli 1964 itu sebelumnya pernah menjabat Direktur Utama (Dirut) Inalum hingga Dirut Bank Mandiri.

Budi adalah lulusan sarjana dari Institut Teknologi Bandung (ITB) di Bidang Fisika Nuklir pada 1988. Setelah itu, dirinya juga menempuh sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultant (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada 2004.

Dirinya juga mengikuti berbagai program seperti ‘Strategic Thinking and Management for Competitive Advantage Program’ dari Wharton University of Pennsylvania pada 2008, dan berbagai program lainnya hingga ‘Executive Education Risk Management in Banking’ dari INSEAD pada 2012.

BERITA REKOMENDASI