Budi Karya Pastikan Bandara NYIA Tahan Gempa Hingga 8,8 SR

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Kulonprogo atau Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) tahan gempa hingga 8,8 Skala Richter (SR). Ditegaskannya pembangunan bandara tersebut telah mempertimbangkan potensi bencana alam.

"Karena kami sudah memperhitungkan dengan skala 8,8 SR yang belum pernah terjadi Jawa, kami siapkan bangunan, siapkan mitigasi yang dilakukan," kata Budi Karya.

Selama ini, menurut Budi, wilayah tempat bandara tersebut dibangun dianggap rawan bencana, seperti gempa dan tsunami. Bandara tersebut dibangun dengan memanfaatkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). "Ketika membangun, asumsinya dari BMKG dengan PT Angkasa Pura I menghitung secara detail," ujarnya.

Selain itu, struktur bangunan bandara tersebut, menurut Budi Karya, didesain agar tahan terhadap tsunami. Pihaknya juga telah menyiapkan mitigasi dalam pembangunan bandara NYIA. Ia mencontohkan, pusat listrik tidak boleh ditempatkan di lantai satu agar tidak terkena tsunami. (*)

BERITA REKOMENDASI