Bulog Pastikan Daging Kerbau Impor Bebas PMK

JAKARTA, KRJOGJA.com – Perum Bulog memastikan daging kerbau beku impor yang dilakukan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) yang dibuktikan dengan hasil PCR negatif virus PMK dari Pusat Veteriner Farma Kementerian Pertanian.

Direktur Supply Chain Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu (5/6/2022) mengatakan, Bulog secara rutin melakukan uji laboratorium, termasuk uji PMK untuk meyakinkan bahwa daging beku dari India memenuhi persyaratan kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Alhamdulillah hasil uji PCR-nya kemarin (Sabtu, 4/6) sudah keluar dengan hasil negatif. Jadi Bulog lebih yakin lagi untuk mendistribusikan komoditas daging kerbau beku ini guna mencukupi kebutuhan daging di Tanah Air,” kata Suyamto.

Suyamto menambahkan, sebelum ada wabah PMK, mekanisme importasi daging kerbau yang dikelola Bulog telah lolos verifikasi dari Kementerian Pertanian RI.
Mekanisme yang dilakukan yaitu daging kerbau langsung diperiksa tiap kontainer oleh Balai Karantina Tanjung Priok Kementerian Pertanian dan diberi sertifikat oleh balai tersebut begitu tiba di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI