BUMN Watch Sayangkan Bank Bukopin Dikuasai Asing

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Koordinator BUMN Watch Naldi Nazar Haroen SH menyayangkan jika saham mayoritas PT Bank Bukopin Tbk dikuasai negara asing. Seharusnya, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir bisa menyelamatkan masalah keuangan yang dialami Bank Bupokin tersebut.

“Terus terang saya merasa sangat prihatin kenapa bank yang tergolong tua di Indonesia ini bisa dikuasai asing. Seharusnya, BI dan Kementerian BUMN bisa menyuntikan dananya ke Bank Bukopin itu. Kan ada saham pemerintah di sana sebesar 9,8 persen. Kenapa tidak ditambah saja,” ungkap Naldi dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Sebelumnya, KB Kookmin Bank yang berasal dari Korea Selatan dikabarkan telah menyetor dana komitmen berupa escrow account sebesar US$ 200 juta ke dalam rekening deposito Bank Bukopin. Sehingga, KB Kookmin Bank kini menguasai saham Bank Bukopin itu.

Sehubungan hal itu, Naldi menuturkan, Bank Bukpoin sudah berdiri 50 tahun dan sebagai penopang Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) di Indonesia. Sehingga, amat disayangkan jika bank itu kini dikuasai negara asing. “Saya nggak percaya, kalau bank yang telah di kuasai asing akan mendukung UMKM. Mereka akan lebih banyak ke personal dan cooperatenya,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI