Bungkam Malaysia, Tim Merah Putih ke Semifinal

Editor: Agus Sigit

AARHUS  KRjogja.com – Tim bulutangkis Indonesia memastikan lolos ke semifinal, setelah membungkam Malaysia 3-0 dalam babak perempatfinal perebutan Turnamen bulutangkis Thomas Cup 2020. Bertanding di Ceres Areena, Aarhus, Denmark, Jumat (15/10) malam, kemenangan tim Thomas Indonesia dibuka tunggal pertama tim Merah Putih Anthony Sinisuka Ginting setelah berhasil menaklukkan tunggal andalan pertama Tim Negeri Jiran, Malaysia, Lee Zii Jia dalam dua game langsung dengan skor 21-15, 21-17.

Dengan kemenangan atas Lee Zii Jia tersebut, berarti Anthony Ginting mampu membalas dua kali kekalahan dirinya saat berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 dan pada turnamen Piala Sudirman 2021 di Finlandia.
Tim Thomas Indonesia memperbesar kemenangan 2-0, setelah pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menduduki peringkat satu dunia BWF mampu membungkam ganda terkuat Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik melalui pertarungan ketat dan berakhir dengan rubber-game untuk kemenangan Marcus/Kevin dengan skor 21-17, 16-21, 21-15 dalam durasi satu jam dua menit.

Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan The Minions dalam babak penyisihan Grup pada Olimpaide Tokyo 2020 Juli-Agustus 2021 lalu. Saat itu, Marcus/Kevin kalah dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik dua game langsung.
Kemenangan 3-0 Indonesia atas Malaysia ditentukan pebulutangkis Jonatan Christie (Jojo) yang menggebuk tunggal kedua Malaysia NG Tse Yong melalui pertarungan yang cukup menguras tenaga dengan rubber-game dengan skor 14-20, 21-19, 21-16. Dengan kemenangan Jojo julukan Jonatan Christie tersebut meloloskan Indonesia ke semifinal.

Karenanya, dua berikutnya yaitu ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan tunggal ketiga Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito sudah tidak perlu tampil melawan ganda dan tunggal Malaysia dalam partai keempat dan kelima, karena Indonesia sudah unggul 3-0 dalam tiga partai terdahulu.
Di babak semifinal punggawa Thomas Indonesia akan bertemu tim tuan rumah Denmark yang dalam laga perempatfinal menundukkan India 3-1. Sedangkan untuk semifinal lainnya saling bentrok antara raksasa bulutangkis dunia sekaligus juara bertahan Tiongkok (China) yang bakal berjumpa Jepang. Tiongkok di perempatfinal membungkam Thailand 3-0 dan Jepang menang tipis 3-2 atas Korsel.

Penampilan Anthony Ginting kali ini lebih percaya diri dan mampu keluar dari tekanan permainan lawan. Di awal game pertama, penampilan kedua pemain kedua negara bertetangga ini begitu ketat, saling melancarkan smes dan dropshot . Sesekali kedua pemain tunggal pertama ini melakukan jump smash

yang mampu membuahkan poin. Skor sempat imbang 2-2, 3-3, 4-4, 5-5. Setelah skor imbang 5-5, performa penampilan Anthony yang berperingkat 7 dunia BWF makin enjoy dan percaya dirinya, sehingga membuat lawannya merasa tertekan. Anthony pun terus menambah poin demi poin hingga interval unggul 10-5. Selepas interval perolehan poin Anthony Ginting terus menjauh dan menutup game pertama dengan skor 21-15.

Pada game kedua, permainan kedua tunggal ini masih terlibat jual-beli smes dan dropshot, sehingga membuat laga makin sengit, perolehan poin pun makin alot. Selepas interval, skor kembali berimbang menjadi sama 12-12, 13-13, 17-17. Pada skor imbang ini, Anthony Ginting terus mengeluarkan permainan terbaiknya untuk terus menbah poin. Tidak perlu berlama-lama, akhirnya Anthony Ginting pun kembali membungkus kemenangan pada game kedua dengan skor 21-17, sekaligus membawa tim Merah Putih unggul 1-0 atas Negeri Serumpun Malaysia. (Rar)

BERITA REKOMENDASI