Buruan, Tiket Kapal Tujuan Surabaya Dan Semarang Tinggal 4.000 Lembar

KOTAWARINGIN BARAT, KRJOGJA.com – Bagi para calon pemudik di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan sekitar yang akan mudik menggunakan kapal laut, nampaknya harus segera membeli tiket. Ini dikarenakan tiket kapal Pelni tujuan Semarang dan Surabaya hanya tersisa sekira 4.000 tiket saja.

"Tiket kapal Pelni dari Pelabuhan Kumai tujuan Semarang dan Surabaya dari H-15 sampai H-1 sudah terjual 11 ribuan tiket. Kuotanya kemarin sekitar 15.556 tiket kelas ekonomi," ujar Kepala Kantor Cabang Pelni Pangkalan Bun, R Isdwisanto di ruang kerjanya, Minggu (11/6/2017).

Ia menjelaskan, mudik lebaran tahun ini, Pelni menyiapkan 6 kapal, yakni Kapal Awu, Kelimutu, Egon, Binaiya, Lawit dan Sirimau tujuan Semarang dan Surabaya dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Kemudian jadwal keberangkatan kapal ada 12 kali saat mudik lebaran.

"Untuk arus balik ada 9 kali keberangkatan. Harga tiket kita buat flat yakni Rp 180 ribu tujuan Semarang dan Rp191 ribu untuk tujuan Surabaya. Kalau tiket rata-rata untuk keberangkatan H-7 sampai H-3 tersisa sedikit saja, namun untuk H-1 masih tersisa sekitar 750 tiket tujuan Semarang dan Surabaya," jelasnya.

Ia menghimbau ke para calon pemudik untuk tidak membeli tiket lewat perantara atau calo, karena harganya akan lebih majal. "Biasanya yang jadi mahal itu ongkos mobil travelnya. Biasanya supir travel langsung dihitung paket dengan tiket kapal. Jadi total semua bisa kena lebih mahal," katanya.

Ia berharap calon pemudik bisa membeli tiket kapal Pelni dengan sistem online secara mandiri. Karena, saat ini bisa melalui ATM BRI, website Pelni, dan call center Pelni. "Jika sudah membayar dan dapat kode booking, tinggal mencetak tiketnya di kantor Pelni atau di pelabuhan dengan membawa KTP," ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI