Butuh 3,5 Tahun untuk Vaksinasi Warga Dunia

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan bahwa dibutuhkan waktu 3,5 tahun untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

“Jadi kira-kira butuh waktu sekitar 3,5 tahun untuk memvaksinasi seluruh orang di dunia,” kata Budi dalam keterangannya.

Budi mendapatkan perkiraan waktu ini dari menghitung kapasitas produsen vaksin di seluruh dunia yang hanya 6,2 miliar dosis setahun, termasuk untuk vaksin polio, TBC, dan banyak vaksin lainnya.

Ia menyebut tak mungkin produksi seluruh vaksin dialihkan sepenuhnya untuk menangani corona, sehingga diperkirakan hanya separuh kapasitas bisa membuat vaksin Covid-19 atau hanya 3,1 miliar dosis per-tahun. Sebagai informasi, jumlah penduduk dunia mencapai 7,8 miliar jiwa, dengan satu orang bisa membutuhkan hingga dua dosis.

Di Indonesia, Budi menargetkan akan melakukan vaksinasi terhadap 67-70 persen penduduk atau sekitar 181 juta orang untuk memunculkan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona.

Untuk mencapai target herd immunity, pemerintah menyiapkan 426 juta dosis vaksin untuk 181 juta penduduk itu. Sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap penduduk akan mengikuti dua kali penyuntikan atau dua dosis vaksin.

“Kami menyiapkan buffer stock sebanyak 15% persen, jadi total yang kita butuhkan sekitar 426 juta dosis vaksin,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI