Calon Dewas KPK, Nama Artidjo Alkostar Diunggulkan

BALIKPAPAN, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo menyebutkan sejumlah nama yang diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Lima orang anggota Dewas KPK rencananya dilantik bersama lima orang komisioner KPK 2019-2023 pada 20 Desember 2019.  

"Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk, tapi belum difinalkan karena kan hanya 5, ada dari hakim, jaksa, mantan KPK, dari ekonom, akademisi dan ada dari ahli pidana," kata Presiden Jokowi dalam diskusi dengan wartawan di Balikpapan, Rabu (18/12/2019). 

Presiden mengaku masih terus menyaring usulan nama-nama tersebut sampai Kamis (19/12/2019). Presiden memastikan, mereka yang terpilih menjadi Dewas KPK adalah orang-orang yang baik. "Ada hakim Albertine Ho, itu tapi belum diputuskan ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa dan belum diputuskan. Saya kira itu namanya ya nanti ditunggu, yang jelas nama-namanya yang baik, saya memastikan nama yang baik," ujar Presiden sambil menambahkan, nama Ketua KPK jilid 1 Taufiequerachman Ruki juga diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas. 

Ketua KPK Agus Rahardjo menyambut baik adanya nama mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar yang diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas KPK. "Ya bagus kalau Pak Artidjo, karena kita kenal sangat bagus ya," ucap Agus di gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK Jakarta.

Ia mengharapkan agar Presiden Jokowi dapat memilih figur-figur yang kredibel sebagai anggota Dewas KPK. Hal senada diungkapkan Ketua MPR Bambang Soesatyo yang menyambut baik pengusulan nama Artidjo Alkostar  menjadi calon anggota Dewas KPK. "Semua sudah tahu, Pak Artidjo adalah hakim yang lurus. Kami harapkan juga sebagai Dewas KPK juga bersikap tegak lurus terhadap berbagai persoalan penegakan hukum di KPK terutama dalam pemberantasan korupsi," katanya di Kompleks Parlemen Jakarta. 

Ia menilai posisi parlemen saat ini mendukung apapun pilihan Presiden terkait Dewas KPK yang merupakan pilihan terbaik yang sudah dipikirkan secara matang termasuk pilihan terhadap Artidjo.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan berpendapat Presiden Joko Widodo tidak perlu menunggu putusan Mahkamah Konstitusi terkait uji materi UU KPK untuk mengumumkan Dewas KPK. "Sudah betul langkah yang dilakukan Pak Jokowi memilih dan mengumumkan Dewan Pengawas KPK, kalau bisa sebelum tanggal 20 Desember kita sudah tahu siapa Dewan Pengawas," kata Panjaitan.(Dev)

KPK

BERITA REKOMENDASI