Cara Menentukan Peluang Usaha dan Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Editor: Agus Sigit

Memiliki usaha sendiri dan menjadi seorang wiraswasta atau entrepreneur tentu adalah sesuatu yang baik untuk dilakukan. Sekarang ini pun, banyak juga orang yang kemudian memilih jenjang karirnya untuk menjadi seorang pemilik usaha. Namun anda perlu memiliki ide usaha tertentu dan mampu mengubahkan menjadi suatu peluang usaha yang bisa anda jalankan dan kembangkan. Dalam hal ini, tentu menentukan peluang usaha tidak mudah dilakukan. Anda perlu benar-benar tahu apa yang akan anda lakukan dalam usaha tersebut. Ketika anda bingung tentang hal itu, ada cara menentukan peluang usaha yang bisa anda perhatikan dan berikut adalah beberapa pertimbangan yang bisa membantu anda.

Dijelaskan oleh Kundheun, founder Bizbox.id, ketika anda ingin menentukan peluang usaha, pertama-tama anda perlu tahu terlebih dahulu minat dan kemampuan anda sendiri. Ketika itu adalah sesuatu yang anda memang sukai, tentu anda tidak akan merasakannya sebagai suatu beban karena anda memang memiliki minat pada usaha tersebut. Selain itu, itu perlu didukung dengan kemampuan anda. Walau nantinya anda bisa saja merekrut orang untuk bekerja dengan anda dan mencari orang yang menguasai bidang tersebut, itu bukan berarti bahwa kemampuan anda tidak diperlukan.

“Sebagai pemilik usaha, anda tentu tetap harus tahu tentang apa yang anda lakukan dan bagaimana menjalankan usaha tersebut. Karena itulah, walau suatu ide dan peluang usaha terlihat sangat bagus, itu bisa menjadi kurang menguntungkan ketika anda tidak memahami usaha tersebut dan tidak menjalankannya,” imbuh Kuna sapaan karibnya.

Selain itu, masih kata Kuna, anda perlu tahu juga tentang potensi dari peluang usaha anda. Potensi dari peluang usaha bisa dipertimbangkan dan diperhitungkan dengan memperhatikan lingkungan sekitar di mana anda berencana membuka usaha anda. Misalkan saja anda ingin membuka usaha kuliner, anda tentu perlu tahu terlebih dahulu dengan para calon pelanggan anda dan minat serta kebutuhan mereka. Jangan sampai, anda sudah membuka usaha tapi itu bukan sesuatu yang mereka butuhkan.

Kemudian, anda juga perlu melihat situasi yang ada, terutama dalam hal kompetitor. Ketika anda puny ide usaha yang bagus dan itu sesuai dengan kebutuhan orang-orang di sekitar lokasi itu tapi sudah ada beberapa kompetitor di sana, itu akan cukup sulit bagi anda untuk merintis usaha. Tentu yang tak kalah penting adalah kemampuan finansial. Modal perlu dipertimbangkan karena ini akan menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan masa-masa awal usaha anda agar itu bisa berjalan lancar karena bisa saja anda masih belum bisa mendapatkan keuntungan di masa awal-awal dan anda perlu juga finansial untuk pemasaran dan hal lainnya. .

BERITA REKOMENDASI