Cari Bangkai JT-610, Empat Kapal Didatangkan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan SAR Nasional (Basarnas) menyatakan empat kapal akan melakukan pencarian bangkai pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) malam. Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI Bambang Suryo Aji menyebut empat kapal itu akan beroperasi hingga Selasa (30/10/2018).

"Ada empat kapal malam ini yang rencananya yang akan memastikan adanya bangkai kapal tersebut," ujar Bambang di Kantor Basarnas, Jakarta.

Bambang menuturkan empat kapal yang melakukan pencarian itu, yakni KRI Rigel milik TNI AL, Kapal Baruna Jaya milik BPPT, KN SAR Basudewa milik Basarnas, dan kapal milik Pertamina. Selain itu, Bambang mengklaim pihaknya sudah berkomunikasi dengan Asosiasi Kontraktor Survei Laut Indonesia (AKSLI) untuk membantu pencarian.

Ia berkata AKSLI akan mengerahkan tiga alat untuk mendeteksi keberadaan bangkai pesawat Lion Air JT-610, yakni side scan sonar, multibeam echo sonar, dan ping locater. "Tiga alat itu akan ditaruh di dua kapal, satu di kapal KN SAR Basudewa Jakarta dan dua alat akan ditaruh di kapal Pertamina," ujarnya.

Selain itu, Bambang menyampaikan sembilan kantong jenazah sudah diserahkan ke RS Polri Kramatjati untuk proses identifikasi. Setiap kantong, kata dia, berisi bagian tubuh penumpang Lion Air JT-610.

Untuk aktivitas penyelaman, kata Bambang, dihentikan sementara hingga esok pagi. Hal itu dilakukan karena jarak pandang dan cuaca malam ini yang tidak bersahabat. (*)

BERITA REKOMENDASI