‘Cari Kebaikan’ Gojek Iklan Most Loved Ramadan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Laporan hasil penelitian yang disampaikan melalui penghargaan Most Loved Indonesia Ramadhan Ad, Selasa (16/7/2019)  menetapkan Go-Jek dengan bisnis ride-hailing memenangkan perhargaan iklan Ramadhan 'Most Loved' di Indonesia.

"Berdasarkan data Kantar facial coding, pemirsa menjadi 50% lebih ekspresif ketika menonton iklan ini dibandingkan dengan iklan Ramadhan lainnya," kata Suresh Subramanian, CEO Kantar Indonesia dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu (17/7/2019). 
Salah satu iklan Go-Jek dengan tema Cari Kebaikan menarik hati orang Indonesia melalui humornya yang menunjukkan bagaimana GO-JEK dapat membantu mereka melakukan perbuatan baik dengan lebih mudah. 

Selain itu, iklan Maknai Kebersamaan oleh Matahari memenangkan penghargaan iklan Ramadhan Most Enjoyable. Iklan ini berkisah mengenai kerinduan seorang anak laki-laki kepada ayahnya. Syukuri Hari oleh Djarum mendapatkan penghargaan iklan Ramadhan Most Buzzworthy untuk cerita dan pesan mengenai intropeksi diri, mendorong para pemirsa untuk merasa bersyukur dan menjadi lebih positif selama bulan Ramadhan.

Sprite's Ujian Puasa terpilih sebagai iklan Ramadhan Most Noticed untuk humor yang ringan, adegan yang berkesan, dan menyegarkan. P&G Aku Pilih Maaf Ibu terpilih sebagai iklan Ramadhan Most Popular untuk cerita yang mengharukan dan membahas bagaimana ibu dan anak mengatasi ketegangan mereka karena perbedaan. Iklan tersebut memperoleh buzz tingkat tinggi dengan 25 juta views diYoutube.

Suresh Subramanian menjelaskan, iklan Ramadhan paling sukses tahun ini telah mendobrak norma iklan tradisional Ramadhan. Penerimaan pemirsa Indonesia akan terobosan tersebut mencerminkan perubahan Indonesia yang mencari dan menghargai ketulusan dari tujuan yang otentik. "Ada tiga tema yang menonjol dalam Iklan Ramadhan tahun 2019," tutur Suresh. 

Pertama, otentik yang mampu membawa keadaan sesungguhnya dan menjadi berani, dalam segi konteks yang menggambarkan keadaan sesungguhnya seperti iklan Sprite dan Gojek. Tema kedua, makna yang lebih dalam dari simbolisme di mana cerita yang disampaikan mempunyai makna yang lebih dalam dari sekedar ritual simbolik yang terlihat, seperti bedug ataupun adzan untuk sholat atau saur. 

Ketiga, menjaga agar mudah diterima, seperti iklan Lebaran di Planet Udique oleh Ramayana, dan Kenyatan Ujian Puasa Sprite sebelum berbuka. Berikut adalah The Top Ten Most Loved Ads 2019, 1.Go-Jek, Cari Kebaikan, 2. Djarum, Syukuri Hari, 3. Pepsodent, Sahur Amal, 4. Marjan, Timun Mas dan Buto Ijo, 5. Sprite, Ujian Puasa, 6. Matahari, Maknai Kebersamaan, 7. Nippon Paint, Mas Kulin Pulang,  8. Zilingo, Belanja Versi Gue, 9. Blibli, Bahagia Itu Kita yang Buat dan 10. Ramayana, Lebaran di Planet Udique. (Ful)

BERITA REKOMENDASI