Catat! 5 Kegiatan Ini Tidak Dianjurkan Selama Ramadhan Tahun Ini

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bulan Ramadhan 1441 Hijriah atau tahun 2020 terasa berbeda bagi seluruh pemeluk agama Islam di dunia. Pasalnya, umat muslim harus menjalanai ibadah wajib itu di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Pandemi corona berimbas pada sejumlah kegiatan masyarakat yang kerap dilakukan selama Ramadhan setiap tahunnya. Masyarakat dianjurkan melakukan sejumlah kegiatan termasuk ibadah di rumah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Okezone mencatat ada 3 kegiatan yang rutin dilakukan umat muslim secara bersama jika tidak ada virus corona. Ketiganya adalah buka bersama, Salat Tarawih, tadarus Alquran, dan iktikaf.

1. Buka Puasa Bersama

Buka bersama di masjid menjadi aktivitas rutin setiap masyarakat pada bulan Ramadhan. Biasanya momentum itu kerap dimanfaatkan bagi para pekerja kantoran yang tak sempat buka di rumahnya karena terjebak macet di jalan.

Selain itu, makanan di masjid pun selalu berlimpah selama berlangsungnya bulan suci tersebut. Sebab, kerap kali para dermawan atau donator silih berganti menyumbangkan sebagian hartanya dalam bentuk makanan. Namun, setelah pandemi Covid-19, kegiatan tersebut tak dianjurkan untuk digelar.

2. Salat Tarawih di Masjid

Salat Tarawih adalah salat sunnah yang dilakukan khusus hanya pada bulan Ramadhan. Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama’ dari yang diartikan sebagai “waktu sesaat untuk istirahat”. Waktu pelaksanaan salat sunnat ini adalah selepas salat Isya dan biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid.

Saat pandemi ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta untuk seluruh masyarakat untuk melaksanakan ibadah itu di rumahnya masing-masing secara berjamaah dengan seluruh anggota keluarganya.

3. Iktikaf

Iktikaf adalah salah satu ibadah yang dianjurkan di setiap waktu di bulan Ramadhan. Umumnya, iktikaf dilakukan di masjid, tujuannya adalah agar ibadah lebih khusyuk, lebih mendekatkan diri ke Allah SWT, meski pengertiannya sendiri adalah berdiam diri menetap dalam sesuatu. Yang membedakan berdiam diri di masjid dengan iktikaf adalah niatnya. Jadi, sembari menunggu salat sunah maupun wajib ada baiknya kamu mengucapkan niat iktikaf untuk mendapatkan berkah yang melimpah.

Sama halnya seperti Salat Tarawih, MUI pun mengimbau agar pada bulan Ramadhan tahun ini pelaksanaan iktikaf dilakukan di rumah demi menghindari kerumunan di suatu tempat.

4. Tadarus Alquran

Tadarus Alquran merupakan membaca atau mempelajari ayat Alquran secara bersama-sama. Biasanya Alquran dibaca secara bergantian yang melibatkan lebih dari satu orang di masjid. Kegiatan ini juga tak dianjurkan selama Covid-19. Masyarakat diimbau untuk membaca Alquran di rumah masing-masing guna menghindari kerumunan.

5. Ngabuburit

Sambil menunggu waktu berbuka puasa. Biasanya masyarakat berkeliling atau sekadar jalan-jalan ke tempat keramaian. Namun, hal tersebut tak dianjurkan karena pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap di rumah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

BERITA REKOMENDASI