Catat! Formasi Terbanyak CPNS 2021 Adalah Guru

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRjogja.com – Formasi paling banyak pada penerimaan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) tahun ini adalah untuk guru. Mengutip Instagram @kemenpanrb, Selasa (19/5 2021) tertulis, pemerintah bakal membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK)
pada 31 Mei 2021.

Terdapat beberapa formasi yang ketersediaannya paling besar dalam tahun ini. Formasi guru termasuk paling besar dalam CPPPK di tingkat provinsi. Terutama, untuk guru Bimbingan Konseling, Teknologi Informasi Komunikasi, Matematika, Pendidkan Jasmani Olahraga dan Kesehatan serta Seni Budaya.

Selain guru, formasi cukup besar dalam CPPPK juga disediakan untuk bidang kesehatan. Seperti perawat, asisten apoteker, pranata laboratorium kesehatan, apoteker dan bidan. Di bidang teknis seperti pranata komputer, teknik jalan dan jembatan, instruktur, pengelola pengadaan barang atau jasa, penyuluh kehutanan juga memiliki formasi besar.

Begitu pula formasi CPPPK di tingkat kabupaten atau kota. Formasi guru tergolong besar.

Guru yang dibutuhkan pada tingkat kabupaten kota di antaranya guru kelas, bimbingan konseling, teknologi informasi komunikasi, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan serta guru agama Islam. Di bidang lainnya tak jauh berbeda dengan kebutuhan di tingkat provinsi. Formasi terbesar dibuka untuk bidang kesehatan dan teknik.

Pendaftaran CPNS dan CPPPK dapat dilakukan mulai 31 Mei hingga 21 Juni 2021. Tahun ini, pemerintah sejatinya menargetkan untuk mendapatkan satu juta guru dengan status PPPK.

Sebelumnya MenPAN Tjahjo Kumolo mengatakan KemenPANRB dan BKN akan mengumumkan ini berapa yang dibutuhkan lembaga, daerah, sesuai kebutuhan. Tjahjo membeberkan kebutuhan ASN tahun 2021 sejumlah 1.304.485 formasi, terdiri dari instansi pusat dengan kebutuhan 83.669 formasi dan instansi daerah dengan kebutuhan 1.221.816 formasi.

BERITA REKOMENDASI