Catat! Hasil Tes Antigen Kini Bisa Jadi Syarat Terima Paket Isoman

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRJOGJA.com – Hasil tes positif COVID-19 berdasarkan alat diagnosa tes cepat antigen dapat digunakan sebagai syarat memperoleh layanan paket isolasi mandiri (isoman) secara gratis dari pemerintah.
“Kami menambahkan fitur lain di layanan telemedisin, mulai nanti sore kita juga akan mengcover pasien yang melakukan tes laboratorium antigen yang positif,” kata Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan  Kemenkes, Setiaji dalam konferensi pers Update Perkembangan Covid-19 di Indonesia”, secara daring, Rabu (16/2/2022).
Ia mengatakan sasaran layanan telemedisin isolasi mandiri diperluas dari yang sebelumnya hanya digunakan untuk pasien yang hasil tes PCR positif, kini layanan konsultasi dokter dan pengiriman paket obat gratis ini bisa digunakan pasien dengan hasil pemeriksaan antigen positif COVID-19.
Ada penambahan fitur pada sistem new all record (NAR) Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dalam hal ini, pasien terkonfirmasi Covid-19 dari hasil rapid antigen dapat mengakses layanan telemedisin dengan ketentuan pemeriksaan dilakukan di laboratorium jejaring NAR Kemenkes.
Sementara selama ini layanan telemedisin hanya menyiapkan paket obat untuk pemeriksaan laboratorium menggunakan swabPCR.
“Mulai Rabu (16/2/2022) kami mulai meng-cover pasien-pasien yang melakukan tes laboratorium antigen yang positif. Kalau kemarin positif harus berbasis swab PCR,” ujarnya.
Setiaji menuturkan dari data pasien tersebut setelah diperiksa dan data diinput oleh fasilitas kesehatan (faskes) atau laboratorium pemeriksaan jejaring NAR Kemenkes akan menerima pesan WhatsApp atau pasien dapat memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

BERITA REKOMENDASI