Catat! Prakiraan BMKG, 5 Provinsi Ini Siaga Banjir Dua Hari Mendatang

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di lima provinsi dalam status siaga karena berpotensi terjadi banjir dan banjir bandang akibat hujan lebat dalam periode 22-23 Februari 2021.

Menurut data prakiraan yang dirilis BMKG di Jakarta, Minggu (21/2), Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan masuk dalam kategori siaga banjir dan banjir bandang akibat hujan lebat.
Sementara itu, terdapat 18 provinsi lain yang masuk dalam kategori waspada akan dampak hujan lebat selama dua hari ke depan, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu untuk wilayah Sumatera.

Di Jawa dan Nusa Tenggara yang masuk dalam kategori waspada adalah Provinsi Jawa Barat, DI Yogyakarta serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Beberapa kabupaten/kota yang diprakirakan masuk dalam siaga banjir akibat hujan lebat di Jawa Tengah adalah Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga, Pekalongan, Pemalang, Wonosobo, Temanggung, Kendal, Batang, Magelang, Purwokerto.

BMKG juga memperingatkan beberapa provinsi yang masuk dalam kategori waspada terhadap dampak hujan lebat, yaitu Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Kategori waspada juga berlaku untuk wilayah Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BERITA REKOMENDASI