Cegah Kebakaran Hutan Perlu Keterlibatan Masyarakat

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Edukasi dan penyadaran pada pemilik lahan dan masyarakat sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan. Melakukan patroli bersama dengan masyarakat dapat dilakukan sebagai bagian melakukan edukasi.

"Saya melihat sudah beberapa provinsi melibatkan masyarakat dalam patroli bersama. Saya kira sangat bagus sekali dan juga dalam beberapa minggu terakhir ini sudah saya lihat penanganan di darat, lewat udara lewat water bombing saya kira juga sudah dilakukan," kata Jokowi.

Mumpung bulan-bulan ini masih turun hujan dan ada mendung, Jokowi meminta ada pemanfaatkan teknologi modifikasi cuaca. Dengan begitu, titik api yang masih tercatat sekitar 217 titik api saat ini tidak bertambah.

Jokowi mengatakan penegakan hukum yang tegas juga harus betul-betul dilakukan, sanksi administrasi, baik perdata, maupun pidana juga harus dilakukan karena akan menciptakan kepastian hukum dan memenuhi rasa keadilan masyarakat.

Dia berharap keberadaan Badan Restorasi Gambut (BRG), juga dapat berperan optimal dalam perbaikan dan penataan ekosistem gambut. Lahan gambut yang sudah terbakar dan sudah diambil alih kementerian lingkungan hidup dan kehutanan tahun lalu, harus segera diperbaiki dan ditata. Di samping itu pula, kata Jokowi, tidak ada izin baru lagi di lahan gambut. (*)

BERITA REKOMENDASI