Cegah Klaster Keluarga, Swab Abbott Panbio Antigen Nasal Jadi Pilihan

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRJOGJA.com – Satu setengah tahun masa perjuangan menghadapi Covid-19. Kini swab antigen menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dalam upaya beradaptasi dengan kondisi new normal. Bahkan, dalam klaster keluarga yang sekarang menjadi kontributor terbesar kasus Covid-19 di Indonesia, alat tes Abbott Panbio antigen nasal bisa menjadi pilihan karena nyaman dan aman.

“Inilah gaya hidup baru yang adaptif, kita harus selalu mitigasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita inginkan. Apalagi bagi yang masih aktif bekerja di luar, swab antigen sudah menjadi rutinitas,” kata dr. Andira Utami, founder gerakan Pintar Sehat Peduli & Health Consultant di Jakarta, Rabu (18/8/2021).

Selain dukungan melalui gaya hidup bersih dan sehat (konsumsi gizi seimbang, olahraga, berjemur, ASI untuk bayi) dan vaksinasi, menurut dokter yang juga penyanyi ini, tes swab antigen diperlukan sebagai upaya preventif dan skrining guna mencegah semakin meluasnya penyebaran virus berbahaya tersebut di klaster keluarga.

Menurut dr. Andira, hal ini sangat penting mengingat hingga saat ini, klaster keluarga sekarang menjadi kontributor terbesar dalam kasus Covid-19 di Indonesia, yang menjadi indikasi bahaya penularan penyakit tersebut sudah sampai pada unit terkecil masyarakat.

“Seluruh anggota keluarga saat ini memiliki risiko terkena Covid-19. Karena itu skrining dengan tes antigen dianjurkan rutin dilakukan. Apalagi jika ada anggota keluarga yang terpaksa masih harus selalu keluar rumah. Skrining ini berfungsi untuk mencegah lebih meluasnya Covid-19,” tutur dr. Andira.

BERITA REKOMENDASI