Cegah Masuknya Paham Radikal, Mahasiwa Diminta tak Tinggalkan Sejarah

PADANG, KRJOGJA.com – Penyebaran paham radikalisme dan terorisme di lingkungan perguruan tinggi selama ini dinilai sudah sangat memprihatinkan. Penyebarannya yang secara diam – diam di lingkungan perguruan tinggi tentunya sebuah ‘kecolongan’ terbesar dalam dunia pendidikan.

Karena itu berbagai upaya pencegahan terus dilakukan untuk membersihkan kampus dari radikalisme dan terorisme. Salah satunya dengan membekali mahasiswa baru dengan wawasan kebangsaan dan pemahaman tentang ancaman dan bahaya radikalisme

Hal tersebut ditunjukkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, dengan memberikan kuliah umum mengenai Resonansi Kebangsaan dan Bahaya serta Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme, kepada 800 mahasiswa baru Universitas Andalas (Unand) Padang dan 9.000 mahasiswa baru Universitas Negeri Padang (UNP) , Kamis (22/8/2019).

Kepala BNPT mengungkapkan keresahannya atas pergeseran nilai-nilai kearifan lokal yang sedang dialami bangsa Indonesia khususnya di tengah masyarakat Sumatera Barat. Sejarah dan akar budaya kita kini semakin terlupakan. Kini masyarakat cenderung apatis dengan perubahan-perubahan yang ada di sekitar lingkungannya. .

"Siapa yang tidak kenal ulama-ulama besar dari Sumatera Barat seperti Buya Hamka, Banyak sekali diplomat-diplomat ulung dan sastrawan besar yang berasal dari ranah Minang. Saya sangat rindu itu. Jangan tinggalkan sejarah budaya bangsa kita. Jangan lupakan asal muasal dan kearifan local. Nilai-nilainya harus kita kembalikan sehingga negara kita bisa maju tetapi dengan tidak melupakan sejarah,” ujar Komjen Pol Suhardi Alius.

Kepala BNPT mengatakan, bentuk keapatisan terhadap nilai-nilai budaya ini akibat dari perilaku masyarakat yang sudah cenderung bergantung kepada teknologi internet. Dimana konten yang beredar sulit untuk disaring, apalagi yang mengandung  perpecahan sehingga dapat melunturkan rasa persatuan dan kebersamaan sebagai satu bangsa. (*)

BERITA REKOMENDASI