Ceko Ramaikan Festival Bunga di Tomohon

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 siap digelar lagi. Kali ini, TIFF bakal lebih seru karena akan diramaikan negara asal Eropa dan Asia. Setidaknya, ada tiga negara yang sudah menyatakan akan ambil bagian.

Yaitu dua negara Eropa, Republik Ceko dan Georgia, serta satu wakil Asia, Jepang. Selain itu, Member of  Council of Asian Flower Exhibition (CAFE), akan tampil pada event yang berlangsung 8-10 Agustus 2018, di Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut).

Event yang mendapat dukungan penuh Kementerian Pariwisata tersebut jadi andalan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sulut pada 2018. Tahun ini, Kemenpar menargetkan 150 ribu wisatawan mancanegara (wisman) dan 90 ribu wisman datang ke Tomohon.

Angka pertumbuhan kunjungan wisatawan Sulawesi Utara sepanjang tahun lalu, tercatat paling tinggi dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Melampaui Bali, pertumbuhan angka kunjungan tersebut mencapai 66 persen.

"Penyelenggaraan TIFF sudah memasuki tahun ke-8. Pesertanya terus bertambah. Kita harapkan ke depan festival bunga ini akan semakin banyak menarik peserta dari mancanegara. Terlebih peserta dari mancanegara sudah confirm,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengatakan, Event TIFF 2018 kali ini akan mengangkat tema ‘Beautiful Tomohon’. Hal tersebut akan menegaskan bahwa Tomohon sebagai kota bunga. Selain itu, juga memperlihatkan jika Tomohon memiliki alam yang indah yang dikaruniai banyak gunung. Seperti Gunung Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan.

Tomohon juga mempunyai deretan danau yang indah. Yaitu Danau Tampusu, Linow, Pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean. Serta air terjun eksotis  yaitu Tapahan Rinokrok, Tumimperas, Regesan, Ranowawa, Tekaan Telu, Kanderawatu, dan Kinapesutan.

Rangkaian kegiatan TIFF 2018 sendiri terdiri dari Tournament of Flowers (Flower Parade) dan Flower Fashion Carnival. Event ini akan berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon, 8 Agustus 2018. Selain itu diadakan pula pameran Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo, serta Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara. Lokasinya di Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon pada 7-12 Agustus 2018. (Fon)

BERITA REKOMENDASI