China Perkuat Armada Tempur

BEIJING (KRjogja.com) – Pemerintah China dilaporkan telah mengerahkan sejumlah armada militer canggih menuju Pasifik Barat. Pengerahan ini melibatkan sejumlah pesawat tempur, pembom, peringatan dini, dan pesawat pengisian bahan bakar udara. Armada canggih itu terlihat terbang melewati Bashi Channel, yaitu daerah yang memisahkan antara Taiwan dan Filipina. 

Menurut keterangan dari Angkatan Udara China, pengerahan armada tempur bertujuan untuk mengadakan latihan militer. Latihan udara ini disebut militer China sebagai hal yang terencana dan normal. Latihan ini tidak bertentangan dengan hukum dan praktek internasional. 

Kendati demikian, pengerahan armada militer besar-besaran ini datang saat China semakin menegaskan posisinya terkait konflik teritorial di Laut China Selatan (LCS) dan Laut China Timur (LCT). 

"Langkah ini (pengerahan armada tempur) dalam rangka meningkatkan kemampuan angkatan udara untuk memenuhi kebutuhan pertahanan demi kepentingan kedaulatan nasional, melindungi keamanan nasional, dan menjamin pembangunan yang damai,” tulis pihak Angkatan Udara China, sebagaimana dilansir Straits Times, Senin (12/9/2016). (*)

 

BERITA REKOMENDASI