Coast Guard China Mengarah ke Malaysia

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I TNI menyatakan kapal nelayan China sudah keluar dari perairan Natuna Utara yang masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI). Sementara, kapal Coast Guard China masih ada di ZEEI namun sudah mengarah ke Malaysia.

Panglima Kogabwilhan I Laksamana Madya Yudo Margono mengatakan kapal nelayan China saat ini bergerak ke arah utara menuju Vietnam. "Hasil patroli Boeing tadi pagi bahwa kapal-kapal ikan China yang kemarin melakukan penangkapan ikan itu sudah bergerak ke utara. Jadi sudah keluar dari ZEE Indonesia," ujar Yudo.

Meski tidak ada kapal nelayan China, Yudo menyampaikan dua kapal Coast Guard China masih berada di dalam ZEE Indonesia. Dia berkata hal itu bukan palanggaran karena kapal coast guard China tidak mengawal kapal nelayan China.

Dia belum mengetahui secara pasti alasan dua kapal Coast Guard China berada di ZEE Indonesia. Ia menduga dua kapal itu hanya lintas damai karena haluan kapal itu berjalan terus.

"Jadi tidak mondar-mandir, tapi tadi terpantau saya lihat haluannya menuju ke daerah Malaysia itu, ke perbatasan Malaysia. Jadi haluannya lurus terus tidak bermanuver," ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI