Corona Ancaman Keamanan Nasional, TNI Minta Pemerintah Buat Aturan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pandemi virus Corona (COVID-19) yang terjadi secara global, termasuk di Indonesia memberikan dampak bukan hanya secara kesehatan, tapi juga dampak di sektor ekonomi, politik, dan keamanan. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi menyebut pada tahap ini, pandemi Corona di Indonesia sudah tergolong sebagai ancaman nasional.

“Karena pada hakikatnya pandemi ini menjadi masalah keamanan nasional. Bahwa pandemi COVID-19 ini tidak semata-mata masalah kesehatan, melainkan masalah sosial, politik ekonomi,” kata Sisriadi dalam diskusi virtual bertajuk ‘Mewujudkan Sinergi Berbagai Komponen Bangsa Dalam Menghadapi Wabah COVID-19’, Selasa (28/4/2020).

Sisriadi menjelaskan, imbas dari pandemi ini sudah menyentuh ke persoalan ekonomi masyarakat. Jika tidak diantisipasi dengan matang, sebut Sisriadi, hal tersebut bisa menimbulkan permasalahan hingga tindakan-tindakan yang mengancam keamanan nasional.

“Jadi, ketika masalah ekonomi ini menyentuh masyarakat akar rumput, maka ini berkaitan erat langsung dengan masalah perut. Jika hal itu dibiarkan bisa mengundang masalah-masalah keamanan yang lebih besar,” jelasnya.

TNI

BERITA REKOMENDASI