Corona Lahirkan 120 Juta Orang Miskin Baru

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bank Dunia (World Bank) memperkirakan terdapat 70 juta hingga 120 juta masyarakat di global yang masuk ke dalam jurang kemiskinan pada 2020. Hal ini dipengaruhi oleh pandemi virus corona.

Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu mengatakan kenaikan tingkat kemiskinan di global otomatis akan meningkatkan rasio gini. Artinya, tingkat ketimpangan penduduk di banyak negara juga akan meningkat.

“Sebelum ada pandemi virus corona tahun lalu ada peningkatan koefisien gini (rasio gini) di Indonesia. Dengan demikian, kami ekspektasikan koefisien gini meningkat lagi,” tutur Mari.

Ia bilang potensi kenaikan rasio gini tak hanya akan terjadi di Indonesia, tapi juga seluruh negara. Banyak masyarakat yang masuk dalam kelompok rentan miskin akibat pandemi virus corona.

Oleh karena itu, kata Mari, pemerintah di masing-masing negara harus mencegah kenaikan tingkat kemiskinan. Salah satunya adalah membuat kebijakan yang menyasar masyarakat kelompok menengah dan menengah ke bawah agar kesenjangan penduduk tidak semakin parah.

“Kemiskinan itu akan terjadi, jadi dibutuhkan respons kebijakan yang memastikan bahwa kesenjangan tidak semakin diperparah akibat pandemi,” jelas Mari. (*)

BERITA REKOMENDASI