CPNS Kemensos Diminta Punya Motivasi dan Target

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sosial harus punya motivasi dan target dalam bekerja, agar tidak terjebak dalam rutinitas.

“Jangan merasa puas ketika sudah punya status PNS, sudah punya status sosial, tidak menganggur, terima gaji untuk modal menikah, menikah lalu punya anak. Itu rutinitas. Maka Saudara jangan terjebak pada rutinitas,” tegas Mensos saat menyampaikan arahan pada pembukaan Orientasi Kerja Instansi CPNS Kementerian Sosial di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial di Jakarta, Senin,(05/03/2018)

Rutinitas semacam ini bila dibiarkan berlarut-larut membuat seseorang menjadi terlena dengan statusnya. “Tidak ada prestasi, datang jam 8 pagi, nanti jam 2 siang siap-siap pulang. Jadi PNS tidak begini,” katanya.

Dihadapan 156 CPNS Kementerian Sosial, Idrus mengatakan menjadi seorang PNS harus berpikir bagaimana membuat lompatan dalam hidup dan tidak mudah berpuas diri dengan apa yang sudah dicapai.

“Yang paling mendasar adalah bagaimana niat Saudara menjadi PNS. Kalau niatnya tidak jelas, maka arah kedepan tidak jelas. Pastikan niat Anda adalah panggilan pengabdian kepada bangsa. Tanamkan dan yakini itu,” katanya.

Dikatakan Idrus, niat akan menjadi ideologi dan semangat perjuangan. Apabila niat menjadi motivasi, maka ini akan menjadi dorongan untuk berbuat yang terbaik.

"Kalau saya ditanya niat saya menjadi Menteri Sosial adalah panggilan pengabdian kepada masyarakat, kepada bangsa. Niat ini menjadi ideologi dan semangat perjuangan saya. Saya berharap Saudara juga demikian. Luruskan niat Anda, bahwa menjadi CPNS adalah panggilan pengabdian untuk bangsa dan negara,” papar Mensos.  

Setelah niat, Mensos menekankan agar setiap CPNS merenungkan dan mengenai siapa dirinya, apa saja kemampuan, kekuatan, kelebihan dan kekurangannya, serta modal sosial apa yang dimiliki.  Dengan mengenali diri sendiri, seorang CPNS dapat menentukan target pekerjaan ke depan serta bagaimana mewujudkannya sebab hakikat manusia hidup harus memiliki target.

Orientasi Kerja Instansi CPNS ini merupakan rangkaian proses tindak lanjut pengadaan CPNS yang dilaksanakan tahun 2017 untuk memenuhi kebutuhan jabatan melalui analisis beban kerja.

Sesuai Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 76 Tahun 2017 tentang Kebutuhan Pegawai Kementerian Sosial tahun 2017 terdapat alokasi tambahan formasi PNS sebanyak 160 formasi yang terdiri dari Formasi S2 (5 formasi), Formasi S1 (35 formasi), Formasi DIV (35 formasi), Formasi DIII (65 formasi), Formasi SMK Pekerja Sosial (20 formasi). (Ati)

BERITA REKOMENDASI