Cukai Plastik Pacu Produsen Berinovasi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah rencana penerapan cukai untuk kantong plastik merupakan faktor penghambat investasi industri di Indonesia. Hal itu justru akan mendorong produsen plastik berinovasi, sekaligus memacu produsen barang pengganti plastik semakin berkembang.

Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Rofyanto Kurniawan tak menampik bahwa kebijakan cukai kantong plastik akan mengurangi permintaan kresek. Pada akhirnya, produksi kantong plastik menurun dan menjadi sentimen negatif bagi investasi.

Namun, bukan berarti produksi plastik di Indonesia binasa. Pasalnya, pengenaan cukai hanya akan mengendalikan konsumsi, bukan mematikan pasar.

Selain itu, pelaku usaha plastik bisa beralih ke produksi plastik ramah lingkungan yang memiliki potensi bisnis yang lebih menarik. Rencananya, kantong yang terbuat bijih plastik oxodegradable ramah lingkungan bisa mendapat cukai rendah, bahkan tidak kena cukai. "Jadi kalau misalnya dibilang menghambat investasi, harusnya sih tidak," jelas Rofyanto. (*)

BERITA REKOMENDASI