Daerah Nihil Corona dan Zona Hijau Bakal Diperbolehkan Aktivitas

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan akan membuka daerah yang memenuhi dua kriteria untuk kembali beraktivitas di tengah pandemi virus corona (covid-19). Kriteria itu adalah daerah yang nihil kasus corona dan daerah yang termasuk zona hijau.

“Adapun untuk daerah-daerah yang nantinya akan dibuka ada dua kriteria di sini,” ujar Doni.

Untuk daerah yang nihil kasus corona, Doni menyebut saat ini ada 110 kabupaten/kota yang tercatat tak memiliki kasus positif. Doni menuturkan, dari jumlah tersebut ada 87 kabupaten/kota yang ditawarkan untuk dibuka, kecuali Papua. Namun ia tak memperinci daerah mana saja yang akan dibuka.

“87 kabupaten/kota ini terdiri dari 65 wilayah daratan dan 22 wilayah kepulauan. Daerah-daerah ini nyaris steril dari ancaman covid tetapi belum tentu selamanya akan tetap aman,” katanya.

Kepala BNPB ini mengklaim, wilayah itu bisa nihil kasus corona lantaran tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat yang tinggi. Selain itu, menurutnya, terdapat kerja sama pemerintah daerah dengan tokoh-tokoh masyarakat hingga tingkat RT/RW.

Selain daerah nihil kasus corona, lanjut Doni, daerah yang diizinkan dibuka adalah daerah yang termasuk zona hijau. Daerah ini merujuk pada daerah yang memiliki kasus positif namun jumlahnya mulai turun beberapa minggu terakhir. (*)

BERITA REKOMENDASI