Dahsyat! Letusan Semeru Terekam Dalam Foto-foto Berikut

Awan panas yang terus disemburkan Gunung Semeru pun membuat sebagian besar bagian bagian gunung tertutupi. Di dokumentasi lainnya, warga menjelaskan bahwa Gunung Semeru mengeluarkan awan yang begitu besar. Dalam video yang diambil di sebuah permukiman penduduk di sekitar Gunung Semeru itu terlihat awan putih menyelimuti langit. Warga itu juga menjelaskan bahwa letusan dibarengi abu vulkanik.

“Gunung Semeru mengeluarkan awan yang begitu besar. Ini posisi saya dan teman-teman banser ada di lokasi, habis mengawal. Ini erupsi abu ini, tapi semoga tidak ada apa-apa,” ujar warga sekitar saat mengabadikan letusan Gunung Semeru.

Gunung Semeru sendiri diketahui terakhir kali erupsi pada Desember 2020. Tepatnya, hal itu terjadi pada Sabtu 5 Desember 2020 sekira pukul 23.23 WIB.

Saat itu, Gunung Semeru memuntahkan awan panas guguran dengan jarak luncur 1.500 meter. Sementara pada hari ini, Gunung Semeru dilaporkan meluncurkan awan panas dengan jarak luncur sekitar 4,5 km dan masih berlangsung hingga saat ini.

BERITA REKOMENDASI