Dalam Sehari Gunung Anak Krakatau Meletus Ratusan Kali

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Sabtu (29/12/2018) telah menaikkan status Gunung Anak Krakatau ke Level 3 atau Siaga. Gunung yang ada di perairan pantai selatan, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung itu terus erupsi ratusan kali dalam sehari.

Kepala Bidang informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dr Daryono memastikan suara tersebut berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Hal ini diungkapkannya dalam keterangannya.

Status Gunung Anak Krakatau sudah ditingkatkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III), masih mengalami erupsi yang diiringi suara gemuruh. Bersama suara gemuruh tersebut, sensor gempa BMKG mendeteksi getaran.

Sensor seismik BMKG yang berada di Liwa merekam getaran bersamaan dengan suara gemuruh yang terdengar oleh petugas BMKG Stasiun Geofisika Liwa, Lampung Barat, pada 25 Desember sekitar pukul 22.00 WIB dan 26 Desember pukul 20.40 WIB.

Beberapa warga Lampung pada 25 dan 26 Desember mendengar suara gemuruh. Demikian pula warga yang masih bertahan di Pulau Sebesi, gugusan pulau di Selat Sunda yang dekat dengan GAK.

BMKG bersama Badan Geologi PVMBG terus memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau dan dampaknya serta meminta warga tetap tenang namun waspada.(*)

BERITA REKOMENDASI