Dana Penanggulangan Bencana Gunung Agung Siap Dialokasikan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan ditingkatkanya status Gunung Agung dari waspada menjadi awas akan ditandai dengan dukungan dari pusat dan provinsi. Pemerintah menurut dia, antara lain akan mengalokasikan dana cadangan penanggulangan bencana untuk memenuhi kebutuhan logistik.

"Untuk logistik, akan ada dana cadangan penanggulangan bencana, namun kami juga akan dukung peralatan yang tak ada di sini, seperti sirine," ujar Jonan.

Dalam kesempatan tersebut, Jonan menegaskan, batas radius aman untuk masyarakat adalah 12 kilometer dari puncak Gunung Agung. Bahaya erupsi, menurut Jonan, juga perlu diantisipasi. "Untuk radius aman itu sekurangnya 9 kilometer, tapi plus sektoral seperti lembah dan sungai itu yang aman ya 12 kilometer," katanya.

Peningkatan status, menurut Jonan, memang bukan berarti dipastikan akan adanya letusan gunung berapi. Namun, guna melakukan antisipasi penuh agar tak terjadi korban besar bila benar-benar terjadi bencana. (*)

BERITA REKOMENDASI