Dari BIN, Budi Gunawan Masuk Wantimpres?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pada saat Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019, nama yang ditunggu Jenderal Pol (Purn) Prof Dr Drs Budi Gunawan SH MSi PhD. Namun sampai akhir Presiden Jokowi menyebut satu per satu nama, Budi Gunawan tidak kunjung disebut. 

Sebelumnya santer terdengar BG (sebutan populer Budi Gunawan), akan menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) atau Menteri Dalam Negeri. Namun prediksi semua pengamat ternyata meleset. Hal tersebut diungkapkan Penghamat sosial politik, Rudi S Kamri.

Menurut Kamri satu-satunya jabatan yang pantas dan layak untuk BG adalah Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Lembaga yang selama ini dipimpin oleh Profesor Sri Adiningsih ini adalah satu-satunya lembaga strategis di lingkaran terdekat Presiden yang belum disentuh Jokowi untuk dirombak.  Padahal jabatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang disandang BG mulai 9 September 2016 selayaknya perlu penyegaran, dan pasca-Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, peranan BG telihat cukup menonjol. 

"BG dan anggota Wantimpres yang lain mempunyai kapasitas yang memadai untuk memberi saran dan pertimbangan strategis kepada Presiden Jokowi. Dengan pertimbangan saat ini Tim Ekonomi Presiden sudah cukup solid dan kuat, Presiden Jokowi perlu orang-orang yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni di bidang keamanan nasional, dan BG dapat mengambil peran strategis tersebut," paparnya.

Rudi menambahkan sudah saatnya Presiden Jokowi mereformasi secara total platform lembaga intelijen negara ini."Seperti kita tahu aparat intelijen dalam melakukan tugasnya tidak tunduk kepada hukum pidana dan hukum humaniter, tapi tunduk pada politik negara yang dipimpin oleh Presiden." (*)

 

BERITA REKOMENDASI