Darmin Nasution Optimis Inflasi 2018 Dibawah Tiga Persen

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimistis inflasi sepanjang tahun ini bisa berada di bawah tiga persen. Prediksi itu dilatarbelakangi pencapaian inflasi hingga Oktober 2018 sebesar 3,16 persen secara tahunan.

"Inflasi tahun ini bisa sekitar tiga persen, bisa kurang sedikit atau bisa lebih sedikit. Saya cenderung katakan kurang sedikit (dari tiga persen)," papar Darmin.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi bulanan sebesar 0,28 persen. Sementara, secara tahun kalender tercatat sebesar 2,22 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar menjadi penyumbang inflasi terbesar, yakni dengan andil 0,1 persen. Kontributor inflasi terbesar kedua dengan andil sebesar 0,05 persen terdiri dari kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau.

Bila prediksi inflasi di bawah tiga persen terealisasi, artinya angka itu lebih kecil dibandingkan dengan inflasi sepanjang 2017 lalu yang mencapai 3,61 secara tahunan. Dengan prediksi inflasi di bawah tiga persen itu, Darmin menyebut ekonomi dalam negeri terbilang masih cukup stabil. Bahkan, ia cukup percaya diri untuk mengatakan kualitas ekonomi Indonesia memang positif. (*)

BERITA REKOMENDASI