Data Lahan untuk Swasembada Pangan Ditetapkan

JAKARTA (KRjogja.com) – Pemerintah menyatakan ketersediaan lahan begitu penting sebagai penunjang pengembangan wilayah, baik lahan untuk pertanian, maupun untuk pemukiman. Pemerintah memerlukan metode dan parameter umum untuk menghitung kebutuhan lahan.

Hal itu disepakati dalam rapat koordinasi pangan yang dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

"Kita perlu metode, pendekatan atau parameter untuk menghitung kebutuhan lahan untuk pangan. Bisa dengan berdasarkan komoditas atau menghitung kebutuhan per 1.000 penduduk. Dua pendekatan ini kalau kita gunakan bisa saling mengoreksi dan saling memperkuat," kata Darmin dalam keterangannya, Jumat (02/09/2016).

Perencanaan dan kebijakan mengenai lahan ini penting karena pemerintah ingin setiap tanah memiliki status yang jelas dan dimanfaatkan secara maksimal. Untuk tahap awal, pemerintah ingin menjamin ketersediaan pangan dan menyediakan lahan yang cukup. (*)

BERITA REKOMENDASI