Demi Data Akurat, Kepala BPS Minta Warga Jujur

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Pusat Statistik (BPS) sangat mengandalkan peran responden atau masyarakat Indonesia untuk menentukan kualitas data yang akan disuguhkan ke para pengguna. Pengguna data BPS antara lain pemerintah pusat dan daerah, asosiasi atau pengusaha, akademisi, dan lainnya.
 
Kepala BPS, Suhariyanto atau yang akrab disapa Kecuk meminta kerja sama masyarakat yang merupakan responden dalam sebuah proses pengumpulan data. Seperti pada Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), maupun survei lainnya yang diselenggarakan BPS.

"BPS tidak mungkin memiliki data berkualitas kalau tidak ada kerja sama dengan responden. Kalau data tidak benar, data yang disajikan salah, dan akhirnya kebijakan yang diambil meleset. Jadi responden merupakan elemen penting menghasilkan data berkualitas," kata Kecuk di peringatan Hari Statistik Nasional, Selasa (26/9/2017).
 
Menurutnya, untuk menghasilkan sebuah data statistik, BPS harus menempuh perjalanan panjang. Mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pelaksanaan, pengolahan data, sampai dengan kearsipan.
 
"Dalam mengumpulkan dan melaporkan data, kami menjunjung tinggi kualitas dengan memperhatikan relevansi data, keakuratan, ketepatan waktu, aksesibilitas, keterbandingan," jelasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI