Densus Tangkap Dua Terduga Teroris di Lampung

Editor: Ivan Aditya

LAMPUNG, KRJOGJA.com – Densus 88 Antiteror Polri meringkus dua tersangka teroris berinisial DR dan S dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI) di wilayah Lampung pada Senin (01/11/2021) lalu. Dua orang tersebut merupakan hasil dari pengembangan operasi penangkapan yang dilakukan terhadap Ketua salah satu yayasan amal bernama Baitul Maal Abdurrahman bin Auf (BM ABA) Pusat berinisial Ir. S yang diduga untuk penggalangan dana kelompok terorisme Jamaah Islamiyah (JI).

“Benar ada dilakukan penangkapan,” kata Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar.

Ia menyebutkan bahwa tersangka DR diduga terlibat sebagai petinggi di BM ABA Lampung selama beberapa tahun terakhir. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua yayasan tersebut mendampingi Ir. S yang menjabat Ketua.

Kemudian, ia melanjutkan karir menjadi Ketua BM ABA Lampung pada periode 2018 hingga 2020. DR diduga mengetahui bahwa aliran dana yayasan itu digunakan untuk menjalankan organisasi JI.

Selain itu, kata dia, DR sudah melakukan baiat atau sumpah setia ke salah satu amir JI. Namun demikian, ia tak merincikan lebih lanjut kapan baiat itu dilakukan.

Tersangka lain berinisial S yang ditangkap merupakan anggota JI yang telah bergabung sejak 1998 lalu. Ia merupakan bendahara BM ABA Lampung sejak 2012 hingga saat ini.

“Aktif dalam berbagai pertemuan dan penggalangan dana untuk kegiatan program jihad global Jamaah Islamiah dan program program pengkaderan serta konsolidasi organisasi Jamaah Islamiah,” jelas Aswin. (*)

BERITA REKOMENDASI