Dialog Korut – Amerika Masih Bisa Berlanjut

Editor: Ivan Aditya

KORSEL, KRJOGJA.com – Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in yakin pemimpin Korea Utara Kim Jong-un masih membuka peluang dialog dengan Amerika Serikat. Menurutnya masih terlalu dini untuk pesimis terkait kelanjutan dialog denuklirisasi antar kedua negara.

Moon mengungkapkan keyakinannya setelah Trump baru-baru ini menuliskan surat ucapan ulang tahun kepada Kim Jong-un. Hal itu menurutnya sebagai tanda positif komitmen negosiasi antara Pyongyang dan Washington.

"Banyak yang khawatir dengan kemungkinan provokasi militer jelang ulang tahun Ketua Korut Kim Jong-un, tetapi sebaliknya. Ada ucapan selamat dari Presiden Trump," ucap Moon.

Ia menyampaikan optimismenya itu kendati Washington dan Pyongyang hingga belum melanjutkan dialog secara aktif. "Korea Utara telah menegaskan bahwa pintu dialog belum tertutup, meskipun ada syarat bahwa dialog hanya dapat dilanjutkan jika tuntutan mereka dipenuhi," imbuhnya.

Moon merupakan salah satu sosok yang memprakarsai dialog antara Korut dan AS. Tahun lalu, Kim dan Trump sempat melakukan pertemuan di Hanoi untuk melakukan dialog denuklirisasi yang hingga kini masih terhenti. Korea Utara sempat menyatakan sikap untuk tidak melanjutkan dialog hingga AS memenuhi semua tuntutan. (*)

BERITA REKOMENDASI