Dicari Dosen/Guru Pertanian dan Pangan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah  melalui Kemenristekdikti tengah membutuhkan dosen dan  guru pertanian dan pangan. Karena itu Kemristekdikti meminta semua pihak bahu membahu untuk menyelesaikan  pembangunan SDM pertanian dan pangan.
  
Demikian Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti  Ali Ghufron Mukti,di sela Seminar Internasional tentang Jaminan Ketersediaan Pangan di Masa Depan, di Jakarta Kamis (21/3 2019). Menurutnya, pemerintah sudah menyiapkan grand desain pembangunan sumber daya manusia (SDM) hingga tahun 2024. Karena itu pengelola perguruan tinggi diharapkan memanfaatkan grand desain ini untuk membuka program studi baru.

“Jadi saya berharap pengelola perguruan tinggi tidak lagi berdasarkan ‘kepercayaan’ saat memutuskan pembukaan program studi baru, tetapi mengacu pada grand desain pembangunan SDM yang sudah kita buat ini,” kata Ali Gufron Mukti.

Dalam grand desain pembangunan SDM tersebut ada 9 sektor yang dibahas secara detail. Tiga diantaranya yakni sektor kesehatan, sektor pendidikan dan sektor infrastruktur telah selesai dibahas dan buku pedomannya sudah diterbitkan.

Sedang dua lainnya yakni pertanian dan pangan saat ini mulai masuk dalam penyusunan. Untuk itu Kemeristekdikti membutuhkan masukan dan saran dari perguruan tinggi, pengamat dan akademisi terkait desain pembangunan sektor pertanian dan pangan.

Di sektor pendidikan misalnya, grand desain pembangunan SDM membahas berapa banyak guru yang dibutuhkan pada masing-masing jenjang pendidikan, berapa prodi dibutuhkan untuk satu profesi, dan sebagainya. Bidang infrastruktur membahas 15 jenis keinsinyuran yang dibutuhkan serta berapa kebutuhan masing-masing jenis insinyur tersebut.

Ghufron mengatakan sektor pangan amat penting dan strategis mendapatkan perhatian. Karena pangan menyangkut hak hidup manusia. Sektor ini terkait erat dengan pertanian. Karena itu pembahasan dan penyusunan grand desain dua sektor ini dilakukan bersamaan. (Ati)

 

BERITA REKOMENDASI