Dico Minta Vaksin Ibu Hamil Dipercepat

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Sepanjang tahun 2021 sebanyak 16 ibu hamil (bumil) meninggal dunia karena terpapar Covid 19. Untuk itu Pemkab Kendal gencar melakukan vaksinasi ibu hamil yang jumlahnya mencapai 4.334 orang. Untuk memulai sasaran bumil Dinas Kesehatan Kendal. Kerja sama dengan TP PKK Kendal langsung mencanangkan vaksin untuk ibu hamil yang dilaksanakan di Puskesmas Kendal 02 Kamis (16/09/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Ferinando RAD Bonay mengatakan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kendal karena ikut serta membantu terlaksananya vaksin untuk ibu hamil. Dikatakan Ferinando untuk saat ini jumlah ibu hamil yang divaksin sudah mencapai 1.681 orang.

“Ibu hamil merupakan kelompok rentan sehingga perlu sekalain diberikan vaksinaai Covid 19, dan saat ini sudah boleh ibu hamil menerima vaksin,” ujar Ferinando.

Perlakuan khusus dan hanya dilakukan oleh bumil sebelum vaksin di test antigen terlebih dahulu. “Sebelum di vaksin bumil dibtes antigen terlebih dahulu untuk memastikan negatif,” lanjutnya.

Sementara itu Cha Cha Frederica Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal mengajak ibu hamil untuk melaksanakan vaksinasi. Pasalnya di era pandemi seperti sekarang ini bumil sangat rentan terpapar. Dikatakan sekarang bumil bisa tenang karena sudah bisa vaksin, saat dia hamil putra pertama di era pandemi covid 19 awal.

“Saat saya hamil adalah masa awal Covid 19 dan saat itu masih dalam ketakutan yang sangat, makanya saya berpesan agar ibu-ibu jangan takut untuk vaksin,” ujar Cha Cha.

Melalui PKK dirinya akan memotivasi agar ibu-ibu hamil mau di vaksin untuk kesehatan ibu dan anak. Instruksi sudah diberikan kepada TP PKK Kecamatan untuk bisa koordinasi sampai tingkat desa.

Bupati Kendal Dico Ganinduto lebih berpesan kepada ibu hamil untuk tetap semangat. “Vaksin aman jadi silahkan untuk mengikuti demi kesehatan ibu dan anak, saya sangat mengapresiasi karena ibu-ibu hamil mau vaksin,” ujar Dico. (Ung)

BERITA REKOMENDASI