Diduga Diselundupkan dari Riau, Rokok Ilegal Banjiri Sumatera

ROKOK ilegal dari berbagai merk terus membanjiri wilayah Sumatera. Selain rokok merk Luffman, rokok ilegal lainnya yang banyak diselundupkan dan beredar luas di Sumatera ialah rokok merk Rexo yang diproduksi di Malang, Jawa Timur.

Aktivis dari Komunitas Pemuda Merah Putih (KPMP) Bergerak, Yusu Halawa mengungkapkan, rokok ilegal merk Rexo diselundupkan ke Sumatera lewat perairan di Kepulauan Riau (Riau).

Rokok ilegal tersebut, lanjut Yusu Halawa, diproduksi oleh CV Megah Sejahtera di Malang. Dari Malang, rokok-rokok tersebut diduga dibawa ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya untuk dikapalkan dengan tujuan ekspor.

Untuk mengelabui petugas, di setiap kemasan rokok, pelaku sengaja mencetak keterangan FOR EXPORT ONLY. Sebagai informasi, rokok untuk tujuan ekspor dibebaskan dari pembayaran cukai karena rokok tersebut sesuai peruntukkannya akan dijual dan diedarkan di luar negeri.

Namun hal itu hanya akal-akalan pihak produsen rokok Rexo saja. Pasalnya, rokok-rokok tersebut tidak pernah sampai ke tujuannya di luar negeri, tapi diselundupkan ke Sumatera lewat perairan Kepri.

BERITA REKOMENDASI