Digitalisasi, Upaya Perpusnas Jaga Kelestarian Naskah Nusantara

Dikatakan, naskah Nusantara memiliki arti penting sebagai bukti peradaban. Melalui naskah Nusantara, sebuah bangsa dapat membuktikan eksistensi dan posisinya di antara bangsa lainnya pada suatu zaman.

Untuk itu tambah Syarif, harus ada komitmen yang dibangun untuk memastikan perpustakaan bukan hanya sebagai institusi penjaga peradaban. Karena melalui bukti sejarah yang disimpan di perpustakaan, bangsa Indonesia harus mampu menciptakan teori baru dan pendapat baru yang dapat menjadi perjalanan kemajuan bangsa.

“Tentu harapan semua orang, agar naskah-naskah tersebut dapat dibaca dan diketahui oleh masyarakat sehingga semua bisa tahu sejarah panjang bangsa Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembahan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Ofy Sofyana mengungkapkan, digitalisasi naskah merupakan suatu revolusi dalam perawatan dan pelestarian naskah. Karenanya, perlu ada payung bersama dalam pengelolaan naskah Nusantara dan repositorinya.

“Melalui webinar ini, kami berharap dapat menggandeng seluruh pihak yang terlibat dalam upaya pelestarian naskah untuk melakukan upaya ini secara bersama-sama,” harapnya.

BERITA REKOMENDASI