Dirjen Belmawa:Disporseni Dongkrak Prestasi Mahasiswa

TANGERANG, KRJOGJA.com – Dirjen Belmawa Ismunandar mengatakan dengan diskusi ilmiah serta pekan olahraga dan seni (Disporseni) prestasi mahasiswa meningkat sesuai tuntunan Kemenristek-Dikti.

"Kami sangat senang UT menyelenggarakan Disporseni ini. Acara ini sekaligus di-combine ada kegiatan ilmiah, olahraga, dan seni. Kami patut berbangga dari seluruh UPBJJ terlibat membina bakat-bakat mereka,” ujar Dirjen Belmawa Ismunandar di Kampus UT Pondok Cabe ,Tangerang Selatan kemarin,dalam rangka memperingati dies natalis ke-35 UT.

Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).
Kegiatan yang terpusat di Kampus UT, Tangerang Selatan, itu diikuti 530 mahasiswa dari seluruh unit program belajar jarak jauh (UPBJJ) UT di Tanah Air dan luar negeri. Selain itu, untuk pertama kalinya Disporseni diikuti perguruan tinggi lain, baik negeri maupun swasta, yaitu sebanyak 43 mahasiswa.

Acara  dibuka Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti), Ismunandar, di UT Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan.

Kegiatan yang mengombinasikan ilmiah, olahraga, dan seni itu bisa membina semangat sportivitas dan kreativitas mahasiswa atau pihak-pihak terkait.

“Yang juga penting, kegaiatan-kegiatan itu mewadahi kemahasiswaan dan memberikan mahasiswa kesempatan untuk  bertanding dan berprestasi di skala nasional,” tutur dia.
Bangun konektivitas

Dalam sambutannya Rektor UT, Ojat Darojat, mengungkapkan Disporseni merupakan kegiatan rutin untuk memupuk dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari seluruh Nusantara dan luar negeri untuk menyalurkan bakat dan minat mereka. Harapannya, mereka suatu saat dapat berprestasi di tingkat nasional dan internasional. “Ini tradisi yang sudah kita lakukan setiap tahun,” kata Ojat.
Sejak 2018 kegiatan itu diadakan di UT pusat. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan, pada 2019 UT mengundang 7 PTN dan 7 PTS yang ada di Jawa serta Lampung.

“Para peserta mengikuti lomba debat, bulu tangkis, tenis meja, catur, inovasi teknologi informasi, seni suara, dan seni tari,” ujar Ojat di sela-sela pembukaan Disporseni UT.

Ojat menekankan, kegiatan Disporseni juga sebagai ajang dan upaya memperkukuh semangat persaudaraan dan persatuan di kalangan mahasiswa sehingga bisa menular ke tingkat lebih luas, yaitu semakin memperkuat nilai-nilai persatuan kebangsaan.

“Harapan kami, mudah-mudahan dari kegiatan ini juga muncul atlet-atlet berprestasi di kalangan mahasiswa yang jadi kebanggaan nasional serta terbangun konektivitas mahasiswa dari seluruh Nusantara,” tegasnya.
Ketua Panitia Disporseni Nasional UT Tahun 2019 Lintang Patria menambahkan, segala persiapan dilakukan untuk memastikan kegiatan yang berlangsung dari 28 Agustus-5 September itu.

Persiapan itu mulai dari penyiapan panitia, penyusunan rangkaian acara, penyiapan dan pengadaan sarana dan prasarana, penentuan wasit dan juri profesional yang ahli di bidangnya, penggunaan aturan pertandingan profesional, pengaturan jadwal pertandingan, hingga koordinasi aktif dengan berbabagi pihak. (Ati)

 

BERITA REKOMENDASI