Dirjen Perhubungan Laut Harus Berkompeten dan Berpengalaman

JAKARTA.KRJOGJA.com – Sejumlah kalangan menginginkan, kekosongan jabatan di Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kemanhub dapat segera diisi oleh sosok yang memiliki kompetensi dan berpengalaman. Dengan demikian, tugas yang dibebankan di pundaknya, baik dalam peningkatan SDM Perhubungan Laut dan kinerjanya dapat dijalankan dengan baik.
            
"Siapapun dia, harus benar-benar berasal dari SDM Perhubungan Laut Sendiri yang telah berpengalaman mengemban tugas perangkat Perhubungan Laut serta harus punya dedikasi yang tinggi,” kata Ketua Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI), Capt. Hasudungan Tambunan M.Mar, Minggu (23/09/2017).
 
Kekosongan jabatan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, tidak hanya menarik untuk diikuti perjalanannya menjelang assesment 15 calon yang lolos seleksi administrasi. Tapi jalu lebih daripada itu, hal tersebut menyisakan pekerjaan rumah bagi para calon Dirjen baru nantinya. Anggaran tahun berjalan Direktorat Perhubungan Laut yang mencapai Rp 11,56 triliun jauh lebih besar jika dibandingkan 19 kementerian. Kementerian Kelautan dan Perikanan saja hanya memiliki budget Rp 10,1 triliun.
            
Selain besar dalam aspek budget, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga juga mewakili kedaulatan negara di atas 24.046 kapal niaga Indonesia (data 2016) yang berlayar di laut Indonesia yang mewakili 2/3 luas wilayah NKRI secara keseluruhan. Dengan begitu, sang Dirjen Perhubungan Laut adalah gambaran seorang admiral yang memiliki armada dengan jumlah yang jauh melebihi armada TNI AL. Di masa perang, kekuatan armada niaga ini bisa menjadi sebuah kekuatan yang dahsyat.
            
"Untuk ini dibutuhkan seorang Dirjen Perhubungan Laut yang punya kapasitas seperti saran saya, sehingga dapat menyusun budget yang sesuai dan tepat dengan kondisi dan kebutuhan perhubungan laut dalam mendukung mewujudkan cita-cita pemerintah. Semoga yang terbaik yang akan menjadi pemimpin dunia maritim untuk bangsa dan rakyat Indonesia,” kata Hasudungan.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Indonesia (Forkami), James Talakua berharap, posisi Dirjen Perhubungan Laut diisi oleh soso yang memiliki niat tulus untuk berbakti kepada bangsa dan sangat mengerti dengan penderitaan pelaut-pelaut saat ini. “Kami juga berharap, Dirjen adalah sosok yang memahami birokrasi, aturan internasional, serta pemahaman akan dunia kemaritiman dengan baik,” ujarnya. (Imd)

BERITA REKOMENDASI