Distribusikan Bansos Corona, Mensos Bakal Gandeng Ormas

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Sosial Juliari Batubara bakal menggandeng organisasi masyarakat (ormas) untuk mendistribusikan bantuan sosial (bansos) kepada warga terdampak covid-19 di berbagai daerah.
Juliari mengatakan kerjasama tersebut diperlukan agar penyaluran bantuan ke masyarakat lebih tepat sasaran.

“Kami merangkul ormas bahkan komunitas yang tidak hanya diberikan bantuan tapi juga memberikan bantuan dari kami. Kami sadar dan yakin kami tidak bisa memiliki jangkauan yang 100 persen kepada warga terdampak,” ucapnya.

Menurutnya, kemitraan pemerintah dengan masyarakat termasuk ormas sangat diperlukan untuk menangani berbagai masalah. Sehingga, Juliari berharap pandemi covid-19 jadi awal yang baik untuk membangun kerjasama yang lebih luas dengan ormas.

Terlebih, pemerintah punya banyak keterbatasan untuk dapat mendistribusikan bantuan secara tepat sasaran. Terkait data, misalnya, pembaharuan data yang dilakukan Kemensos tahun ini tak bisa optimal karena adanya realokasi dan refocusing anggaran.

“Jadi kalau saya harus menjawab soal data, Kemensos tidak bisa bekerja sendirian. Karena adanya pemotongan anggaran jadi pemutakhiran data terpotong jadi kita nggak bisa apa apa,” tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI