Ditargetkan Penerimaan Pajak DIY Rp 6,501 T

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Realisasi penerimaan pajak di DIY mencapai 86,23 persen atau Rp 5,260 triliun pada 2019 dari total target penerimaan tahun tersebut sebesar Rp 6,101 triliun. Sedangkan target penerimaan pajak DIY yang baru dari pusat sebesar Rp 6,501 triliun atau naik 23,59 persen dari tahun sebelumnya. Untuk itu, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak DIY akan berusaha lebih memacu pertumbuhan pajak seoptimal mungkin guna mengamankan penerimaan pajak tahun ini.

“Buat saya angka realisasi penerimaan pajak DIY tahun 2019 itu kurang, tetapi Kementerian Keuangan masih menganggap capaian itu di angka yang wajar. Bahkan penerimaan pajak nasional di bawah DIY yang pertumbuhannya di angka 1 persen sekian dan DIY di kisaran angka 5 persen tahun lalu,” papar Kepala Kanwil Ditjen Pajak DIY Dionysius Lucas Hendrawan.

Lucas menjelaskan, dengan kenaikan target serapan pajak 2020 tersebut, akan dilakukan beberapa perubahan untuk melakukan pencapaian penerimaan 2020. Sebab tantangannya cukup berat terutama kondisi global atau dari sisi luar seperti dampak Brexit, perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China, Iran mengeluarkan rudal menuju pangkalan AS, dampak kasus virus korona terhadap perekonomian dan sebagainya.

“Tahun ini bukan tahun yang mudah, tetapi kita tetap mencoba optimistis untuk mencapai target penerimaan pajak tahun ini yang naik 23,59 persen. Dilihat dari pertumbuhan ekonomi dan inflasi baru sekitar 9 persen dan sisanya masih 14 persen yang masih kita cari untuk mencapai target serapan pajak tersebut,” tandasnya.

Kanwil Ditjen Pajak DIY tentunya siap melakukan beberapa upaya untuk itu di antaranya semacam reorganisasi baru yang fokus kegiatannya memecah Wajib Pajak (WP) strategis dan WP nonstrategis. Selain itu, lebih intens mengawasi dan memonitoring kewajiban WP yang masih belum optimal atau rendah. “Kami akan fokus juga WP UMKM yang akan terus ditingkatkan serta pengawasan terhadap WP bedahara baik APBN maupun APBD,” imbuh Lucas. (Ira)

BERITA REKOMENDASI