Ditjen Pemasyarakatan Bantah Kamar Setnov Lebih Luas

Editor: Ivan Aditya

BANDUNG, KRJOGJA.com – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM membantah jika luas kamar terpidana kasus korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto lebih luas ketimbang tahanan lain. Sebelumnya, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menyatakan kamar tahanan Setnov lebih luas ketimbang tahanan lainnya, meski tak secara spesifik menyebut ukuran kamarnya.

Ombdusman mengumumkan temuan tersebut setelah melakukan inspeksi mendadak pada sejumlah lapas di Bandung pada Jumat (14/09/2018), termasuk Lapas Sukamiskin yang dihuni Setnov. Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS Ade Kusmanto mengatakan kamar Setnov di Lapas Sukamiskin menghuni kamar ber kuran 250x350cm, sama dengan tahanan lain. "Kamar yang dihuni Setnov yang dihuni juga oleh narapidana lainnya," kata Ade.

Ade mengungkapkan di Lapas Sukamiskin terdapat 381 kamar dengan ukuran 250x350cm, sementara ukuran kamar 160x250cm sebanyak 163 kamar. Ade menegaskan Lapas Sukamiskin tidak memberikan perlakuan yang berbeda terhadap setiap tahanan, termasuk kepada Setnov. (*)

BERITA REKOMENDASI