DIY Dapat ‘Jatah’ 2,29 Juta Vaksin Covid-19

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pelaksanaan imunisasi Covid-19 dilakukan secara bertahap. Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pencegahan Penyakit telah menginformasikan rencana pelaksanan vaksinasi tersebut kepada setiap kepala dinas terkait setiap provinsi, termasuk diantaranya estimasi jumlah vaksin yang akan diterima. Sedangkan DIY, diestimasi bakal mendapatkan jatah vaksi 2,29 juta vaksin Covid-19.

Dirjen Pencegahan dan Pencegahan Penyakit, dr Achmad Jurianto dalam surat edaran yang diterima Redaksi KRJOGJA.com, Rabu (21/10/2020) mengungkapkan bahwa pelaksanaan pemberian imunisasi COVID-19 secara bertahap mulai November 2020. Imunisasi COVID-19 diberikan pada kelompok rentan usia 18-59 tahun yang terdiri berbagai kelompok. Pertama, tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Kedua, kelompok prioritas lainnya yang ditetapkan berdasarkan kajian epidemiologi dan kebijakan operasional imunisasi Covid-19, yaitu (A) Petugas pelayanan publik yaitu petugas yang berhadapan langsung dengan masyarkat, misalnya TNI, Polri, petugas bandara, petugas stasiun kereta api, petugas pelabuhan, pernadarn kebakaran, petugas PLN dan PAM yang bertugas di lapangan, dan lainnya.

(B) Kelompok risiko tinggi tainnya, yaitu kelornpok pekerja yang merupakan kelompok usiaproduktif dan berkontrobusi pada sektor perekonomian dan pendidikan, serta penduduk yang tinggal di tempat berisiko seperti kawasan padat penduduk. (C) Kontak erat Covid-19, yaitu orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi Covid-19. (D) Administrator pemerintahan dalam bidang pelayanan publik.

Dengan perkembangan tersebut, Achmad Yurianto meminta jajaran dinas terkait untuk melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya. (Jon)

BERITA REKOMENDASI