DIY Ikut Meramaikan Festival Krakatau

JAKARTA (KRjogja.com) – Provinsi DI Yogyakarta, akan ikut meramaikan Festival Krakatau 2016 yang akan berlangsung pada 21- 28 Agustus 2016 di Bandar Lampung. Selain DI Yogyakarta, provinsi Bali dan NTB ikut meramaikan acara tersebut.

"Memang kali ini Propinsi DIY, Bali dan NTB ikut meramaikan acara Festival Krakatau 2016, karena di Lampung itu masyarakatnya berbagai  suku bangsa karena Lampung itu merupakan daerah transmigrasi pertama di Indonesia, sehingga Lampung memiliki multi etnis dan multi suku bangsa," kata Gubernur Lampung, Ridho Ficardo di Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Bahkan tahun depan, tambah Ridho, pesertanya tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi dari luar negeri. "Kita ingin tahun depan ada peserta yang meramaikan Festival Krakatau ini akan ada dari luar negeri, misalnya dari Papua Nugini,, Malaysia, Singapura," tegasnya.

Dikatakan, Festival Krakatau merupakan agenda pariwisata tahunan Provinsi Lampung yang sudah berlangsung sejak 1991, dalam rangka promosi pariwisata dan budaya serta memperingati peristiwa meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Event ini merupakan Event Kepariwisataan Nasional yang mempunyai sejarah panjang, menginjak tahun ke-25 akan menjadi momentum melakukan perubahan pengemasan sebuah festival, agar seiring dengan dinamisasi  dan perkembangan kepariwisataan Lampung.

Dikatakan, event ini, mempromosikan berbagai lokasi wisata di Lampung. Ada Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Gunung Krakatau, Air Terjun Putri Malu, Taman Nasional Way Kambas, dan banyak lagi. Masing-masing lokasi memiliki keunikannya sendiri. Misalnya Teluk Kiluan terletak di Pekon Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI