Dorong Kentang Industri Kementan Luncurkan Tiga Varietas Baru

Editor: Ary B Prass

LEMBANG, KRJOGJA.com- Industri besar olahan kentang memerlukan bahan baku tidak kurang dari 100 ton/hari. Hal ini memberikan peluang bagi para petani dalam menyediakan bahan baku segar kentang industri.
Saat ini, luas areal tanam kentang mencapai 160.000 Ha, yang tersebar di 12 Provinsi dengan produktivitas rata-rata 15-17 ton/Ha.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kamis (4/11 2021) kembali meluncurkan tiga varietas unggul dan bermutu kentang industri dalam Gelar Teknologi Kentang Industri di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Lembang, yaitu varietas Medians, Ventury Agrihorti, dan Golden Agrihorti yang memiliki karakteristik sesuai untuk kebutuhan industri, khususnya keripik dan french fries.
“Harapan saya, ke depan kebutuhan bahan baku kentang industri dapat dipenuhi dari dalam negeri, dan peran Balitbangtan sangat penting dalam menghasilkan inovasi teknologi mutakhir dalam komoditas kentang industri.” ungkap Mentan.
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum menyampaikan apresiasi atas perhatian pemerintah pusat yang secara massif turut mendorong sektor pertanian di Jawa Barat, dimana sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu terus tumbuh selama pandemi Covid-19.
“Ini sampai 7 persen lebih, itu terdongkraknya antara lain oleh petani milenial, juga didukung dengan semangatnya para Bupati dan Walikota di Jabar oleh pertanian itu sendiri.” jelasnya. Wagub juga menegaskan bahwa sektor pertanian menjadi skala prioritas pembangunan di wilayahnya.

BERITA REKOMENDASI