Dorong Pemulihan Ekonomi, Program BLKK Dioptimalkan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi sekaligus dalam rangka menyiapkan SDM yang siap kerja, juga mampu mencetak wirausahawan baru, Kementerian Ketenagakerjaan mengoptimalkan program Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK)

“BLK Komunitas ini merupakan terobosan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kompetensi SDM Indonesia, serta melengkapi soft skill dan pendidikan karakter yang ada dengan tambahan keterampilan atau hard skill,” kata Ida dalam pernyataannya di Jakarta, Minggu (13/9/2020).

Ia sebelumnya telah melakukan Penyerahan Bantuan Program BLK Komunitas di Nusa Dua, Badung, Bali bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Ida menyebutkan, program yang telah dirintis sejak tahun 2017 hingga tahun 2019, telah berdiri sebanyak 1.113 lembaga BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Tahun 2020 ini, Kemnaker tetap berkomitmen dalam akselerasi pelatihan kerja dengan membangun BLK Komunitas sebagai bagian dari agenda peningkatan SDM ketenagakerjaan Indonesia yang bersifat partisipatoris,” tutur Ida. Kemnaker, imbuhnya, menargetkan pada tahun 2020 dapat mendirikan 1.000 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

BERITA REKOMENDASI