DPD Tinjau Bencana Banjir Bandang di Garut

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA (KRjogja.com) – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) meninjau lokasi bencana banjir bandang di Garut, Jawa Barat. Rombongan DPD yang dipimpin Wakil Ketua DPD GKR Hemas mengunjungi tiga titik lokasi bencana diantaranya Desa Cimacan, RSUD Dr. Slamet, dan ketempat pengungsian di Korem 062 Tarumanagara.

Dilokasi bencana, Hemas beserta rombongan DPD lainnya sempat berbincang-bincang dengan para korban. Selain itu, DPD juga memberikan bantuan sembako kepada korban bencana longsor. "Bantuan ini inisiatif dari anggota DPD. Kami juga memberikan santuan berupa uang tunai Rp 5 juta per jiwa bagi keluarganya yang telah meninggal karena bencana banjir bandang," ucap Hemas saat meninjau lokasi bencana di Garut, Jawa Barat, Jumat (23/9) dalam rilisnya kepada KRjogja.com.

Hemas berharap musibah ini bisa menjadi pelajaran bersama terutama bagi warga yang tinggal dibantaran sungai. Ia menyarankan bagi warga yang tinggal dibantaran sungai harus menjaga kebersihan baik dari hulu hingga ke hilir. "Kejadian ini saya harap bisa menjadi pembelajaran bersama terutama bagi warga yg tinggal dibantaran sungai," papar dia.

Ia juga berpesan kepada pemda setempat agar tanggap darurat pada pertolongan pertama. Dalam pertolongan pertama pemda harus menyediakan pengungsian yang layak, tempat tinggal sementara, dan membantu membersihakan lingkungan yang terkena bencana. "Sebenarnya kita telah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk memperhatikan warga yang tinggal di bantaran sungai. Bantaran sungai setiap tahun semakin sempit dan dangkal. Makanya perlu ada pengerukan atau pendalaman sungai kembali. Itu perlu dilakukan disetiap sungai-sungai yang ada di Indonesia," kata senator asal DIY ini. (*)

 

BERITA REKOMENDASI