DPR Dukung Pengembangan Vaksin Merah Putih

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Sri Rahayu mengatakan pihaknya mendorong pengembangan vaksin Merah-Putih hasil karya anak bangsa yang saat ini sedang dikembangkan oleh Lembaga Bio Molekuler (LBM) Eijkman. Sri mengklaim, dalam rapat kerja Komisi IX DPR bersama Menristek, Biofarma, dan Kementerian Kesehatan, selalu mengedepankan pengembangan vaksin Merah-Putih. Meski ia tidak memungkiri, saat ini pemerintah telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan luar negeri untuk mendapatkan vaksin covid-19.

“Kami sangat mendukung sekali [pengembangan vaksin Merah-Putih], ketika kita raker dengan Menristek, Biofarma,Kemenkes kita dorong vaksin dalam negeri, tentu kami semua menunggu hasil. Namun demikian, karena memang semuanya masih dalam proses, kita melakukan kerja sama dengan berbagai pihak,” kata Sri.

Anggota DPR Fraksi PDIP tersebut menjelaskan, pihaknya serta pemerintah sedang menunggu ketersediaan vaksin covid-19, baik dari luar maupun dari dalam negeri. Menurutnya, vaksin covid-19 yang didatangkan dari luar negeri seperti vaksin Sinovac, Sinopharm (G42), dan CanSino memiliki jumlah produksi yang terbatas, sehingga kerja sama dengan tiga perusahaan asing tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan vaksin di Indonesia.

Sementara itu, jika vaksin Merah-Putih milik Eijkman telah lebih dulu siap pakai, tentunya pemerintah akan memprioritaskan penggunaan vaksin dalam negeri. (*)

BERITA REKOMENDASI